Sunday 25 July 2010

gua dago pakar


Gua dago pakar terletak di ujung Jalan Dago ( Jl. Ir. H. Juanda) Bandung yang berjarak kurang lebih 7 KM dari pusat kota. Disana tedapat beberapa gua, setiap gua diberi nama masing-masing diantaranya 


Gua jepang
Dinamai gua Jepang karena gua ini dibuat pada masa penjajahan jepang pada tahun 1942. Goa ini dibuat setelah Belanda menyerah dan berfungsi sebagai tempat pertahanan dari serangan sekutu. Ada empat buah gua berukuran besar yang berjejer, serta beberapa lubang gua berukuran kecil. Antara gua yang satu dengan lainnya terhubung dengan lorong-lorong

Gua Belanda
Disebut Goa Belanda karena memang dibuat oleh Belanda pada awal tahun 1941. Awalnya militer Belanda membangun gua ini sebagai terowongan pembangkit listrik tenaga air Bengkok. Namun karena letaknya yang strategis dan dekat dengan pusat kota, maka akhirnya menjadi tempat jaringan radio pertahanan Belanda menjelang perang dunia ke 2.
Dari goa jepang menuju Goa Belanda dapat ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 15 menit. Anda juga dapat langsung menuju Goa Belanda dengan menggunakan mobil.
Goa ini juga menjadi jalan tembus menuju tempat wisata Maribaya di Lembang. Jarak dari Goa ke Maribaya kurang lebih 5 KM. Hanya saja tidak bisa naik kendaraan karena khusus untuk  pejalan kaki melewati hutan yang asri.  
Bagi anda yang bernyali mungkin tertarik untuk masuk ke dalam goa yang gelap gulita. Tapi tidak usah khawatir karena banyak guide yang mau mengantar lengkap dengan senter. 

0 comments:

Post a Comment

 

CemilanBandung Copyright © 2009 Designed by Ipietoon Blogger Template In collaboration with fifa
Cake Illustration Copyrighted to Clarice